Aliansi Strategis Pos Indonesia dan Citibank Indonesia

Author: I Ketut Mardjana / Label:


Pos Indonesia dan Citibank, N.A. Indonesia melakukan kerjasama strategis tentang pengiriman dokumen melalui Admailpos, Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Dirutpos I Ketut Mardjana dan Citi Country Officer Shariq Mukhtar, Rabu (15/04) di Jakarta. Citi adalah bank pertama yang menggunakan teknologi terbaru yang dikembangkan bersama Pos Indonesia sebagai penyedia utama layanan pengiriman rekening koran, PIN, katalog dan dokumen lainnya.


Kerjasama yang dijalin meliputi pengiriman dokumen Citi oleh Pos Indonesia melalui jasa Admail sebagai unit yang menggarap produk hybrid mail dalam meningkatkan kualitas layanan yang memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi setiap pelanggan. Admailpos memberikan pelayanan one stop service yang akan melakukan processing mulai dari database system, creative design, printing, mailshop (folding, inserting, enveloping, addressing) hingga delivery.

Citi dan Pos Indonesia mengembangkan sistem hibrida yang disebut i-POS (Integrated Point of Service) akan mempermudah pelacakan status dokumen yang terkirim maupun tidak. Melalui sistem ini bisa diperoleh data selama 12 bulan terakhir dan secara efisien dapat melaporkan aktivitas pengiriman berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan operasional melalui perbaikan tingkat layanan maksimal 3 hari untuk wilayah Jabodetabek, 5 hari untuk wilayah Jawa dan 7 hari untuk luar Jawa.

“Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menyediakan layanan terbaik kepada nasabah bersama Pos Indonesia, citi terus memperkenalkan berbagai solusi inovatif, salah satunya adalah pembayaran kartu kresdit secara real time pertama.” Kata Shariq Mukhtar, Citi Country officer.
Ditambahkan Mukhtar, bahwa melalui fasilitas ini, para nasabah kartu kredit citibank dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit di seluruh kantorpos di berbagai wilayah di Indonesia.

Citi dan Pos Indonesia memiliki sejarah kerjasama yang erat sejak tahun 1992. Citi adalah bank pertama yang memanfaatkan layanan Pos Indonesia untuk mendistribusikan seluruh pernyataan transaksi rekaning yang kemudian diikuti oleh bank-bank lainnya. Selama ini Citi Indonesia dan Pos Indonesia telah melayani nasabah korporat Citibank dan Citifinancial.

Senada dengan Mukhtar, menurut Wakil Dirutpos I ketut Mardjana, Pembayaran tersebut secara langsung dapat terlihat di rekening nasabah, “sekarang kami meningkatkan kerjasama strategis dengan memperkenalkan sistem baru bernama i-POS untuk meningkatkan layanan pengiriman dan sistem pelacakan” katanya.

Dijelaskan Mukhtar, tahun lalu Pos Indonesia dan Citi melangkah menuju kerjasama strategis sebagai upaya untuk secara terus menerus menyediakan solusi keuangan yang inovatif bagi nasabah korporat Citi, sehingga dapat menciptakan efisiensi bagi perputaran modal perusahaan.

Melalui kerjasama ini, 3500 Kantorpos di seluruh Indonesia berfungsi sebagai saluran distribusi untuk menerima tagihan dan menyalurkan dana bagi nasabah korporat Citi. Citi merupakan bank asing pertama yang bekerjasama dengan Pos Indonesia dalam menyediakan solusi keuangan untuk corporate banking.

“Nasabah Citi dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan karena harus membuka beberpa rekening di beberapa lokasi berbeda dengan mengakses jaringan Pos Indonesia untuk mengelola tagihan dari pelanggan dan melakukan pembayaran kepada mitra kerja, bahkan meskipun mereka berada di daerah terpencil yang belum memiliki layanan perbankan” kata Mardjana.

Ditambahkan Mukhtar, nasabah Citi juga dapat secara langsung melihat dan mengunduh laporan tagihan secara rinci melalui layanan internet banking Citi, CitiDirect@Online Banking.

“Dapat kami informasikan pula bahwa pada tahun 2007, Citifinancial dan PT Pos Indonesia telah memperkenalkan proses persetujuan pengajuan pinjaman dalam 30 menit melalui beberapa kantorpos besar. Melalui kerjasama ini, nasabah Citifinancial dapat mengajukan pinjaman dan menjadapat persetujuan dalam 30 menit hanya dengan mengunjungi kantorpos terdekat” jelas Mardjana.

0 komentar:

Posting Komentar